Saat ketika gue berseberangan dengan dunia (part. 2)



anyway, UAN gue dapet posisi kedua dari depan, pengawasnya strict sih tapi kalo emang udah gak ngerjain soal mo kita ngapain juga santai aja, gue aja sempet nengok kebelakang dan ngobrol sama depan gue. kalo gak gue sibuk ngeliatin dia nyuruh diem anak-anak, nandain di daftar hadir dan memperhatikan hal-hal sepele di kelas. mencoba merekam memori karena kelas ini bakalan gue tinggalin gak lama lagi.

gue sih lumayan lancar, dan gue sangat sudah tidak perduli hasil.emosi gue sudah mengontrol otak gue. gue nyesel sih nyianyiain kepercayaan guru-guru yang udah percaya sama gue. tapi gue udah ngerjain semaksimal mungkin, kayanya jawaban gue yang diganti sama makhluk sialan itu yg bikin nilai gue anjlok karena beda sama kuncinya dia. bayangin aja yg nilai tertinggi kimia kok bisa ada 15 orang.
satu kejadian yg bikin gue kehilangan respek lagi , pas UAN temen gue ada yg nangis karena dia ngambil kunci tapi gak mau gunain dan berakhir dengan dia gak yakin sama kerjaannya. si guru sialan itu malah ngomelin dia, fak ap!

Hasil UAN? bikin gue tau orang-orang disekitar gue yang ternyata memang BUKAN temen-temen gue banget. Gue dan beberapa orang temen gue bener-bener ngerasain deg-degan nunggu nilai walau cuma mengharap setidaknya nilai tujuh untuk masing-masing ujian (atau 6 buat fisika) dan berharap sekedar lulus. gue gak peduli penghargaan atau sertifikat, toh gue juga kalo dapet bakal disejajarkan dengan orang-orang munafik,yang bangga dengan kerjaannya dapet nilai tertinggi padahal pake kunci. Gue tadinya gak mau maju karena gue gak mau disamain sama mereka, dan gue sangat tidak berminat untuk datang sebenernya. tapi, karena dipaksa, mau gak mau dateng. sial.
NEM gue gak tinggi kok cuma 51 dari 6 pelajaran, rata-rata delapankomaan, pasti banyak yg lebih tinggi kan, orang nilai gue gada yg sembilan kok. gue gak peduli hasil, yg penting lulus dapet ijazah. toh buat ke uni cuma diminta ijazah doang kan, gak harus bagus.
hanya saja belakangan gue nyesel karena gue menyianyiakan kepercayaan guru mat gue yang sudah sangat baik sekali membantu gue supaya bisa dapet sepuluh Cuma karena makhluk sialan itu.
Pengumuman uan, gue deg-degan Cuma nunggu kata lulus. Ternyata , Gue berdua sama temen gue menunjukkan kalo kita berdua tanpa kunci tetep bisa survive diatas. Temen gue bangga, gue bangga. Tapi Cuma sesaat. Krna sekali lagi gue ogah disandingkan sama sampah! Terbukti kan , pas dipanggilin di depan, banyak orangtuamurid dibelakang yg ngomong � alah paling pake kunci� gue gak peduli, karena gue gak pake kunci.

Dan gue ngeliat temen gue nangis dibelakang karena disalah2in nyokapnya padahal dia bertindak jujur.
Dan gue ngeliat temen gue nangis karena kecewa sama temen-temen gue yang masih bisa pasang tampang seneng walau pake kunci.
Dan gue merasakan kekecewaan yang sama, ilmu yg coba gue tranfer ilang sudah, termasuk ilmu motivasi dan semangat kerja gue. Huff...

Dan gue cukup tau aja sahabat gue sendiri juga ngebackstab gue dgn menjudge gue sbg icom org yg teramat 'sok'. Gue bisa maapin,tp ga bisa gue lupain. Tapi i don't care.. Gue tetep pada prinsip gue (walau sempet gue berniat menggeser prinsip gue sedikit dgn mau memberi contekan kerjaan gue,).Pada akhirnya uan bisa ngebuka siapa sahabat gue,siapa yg bukan.

Ada hikmahnya juga ternyata.

Sori sblmny ga maksud ngejelekin org,cuma skedar flashback aja.

Eniwei,pada intinya selamat menunaikan uan bagi semua yg menjalankan,smoga sukses dan slamat brjuang di kehidupan baru stelahnya. Seperti halnya uan pilihan ada 5 a,b,c,d,e ga mungkin slain itu ,hidup juga ttg pilihan,sayang probability pilihanny ga segampang uan.Bedanya Tiap2 pilihan hidup akan berdampak dan menentukan soal berikutnya. Selamat berjuang dan memilih.

Pastinya selamat menikmati :)

signing out,