Postingan dari rumah duka

hari ini gue ke RS Dharmais di bilangan Jakarta Barat. Setelah perjalanan detik ,akhirnya tante gue berpulang semalem. gue sendiri baru dapet kabarnya jam setengah dua pagi, dimana gue kebangun pas nyokap belom pulang tapi sms baru nyampe ke esia gue. (provider keparat, aslinya sms tersend tuh jam stengah delapan)

tadinya gue pikir gue bakalan mendapati suasana yang paling gue gak suka, suasana duka, dimana gue harus melihat orang-orang yang gue sayangin membunuh waktu dan rasa sedih dengan menguras hujan dalam matanya. dan gue sendiri gak suka karena harus memakai topeng dengan muka sok tegar padahal dalam ati pengen banget nangis *cemenmode:on*
ternyata gue tidak mendapati kondisi itu. berbalik seratusdelapanpuluhderajat dengan waktu puasa hari terakhir beberapa tahu lalu dimana gue abis saur langsung berangkat pulang kampung ke tanjung pinang karena gue mendapati kabar kalau engkong (kakek maksudnya) gue meninggal setelah lama sakit. sesampainya disana gue mendapati satu ruangan di rumah duka penuh dengan tangisan dan kesedihan dimana-mana. bahkan disaat lebaran pun.
dan sekarang, gue mendapati suasana yang berbeda, gue gak melihat tangisan itu di pelosok ruangan, atau mungkin memang udah lewat masanya , dan gue mendapati muka-muka ceria yang didalam matanya menyimpan sebuah kesedihan, yang mendalam, menunggu masa-masa dimana jasad tante gue akan di kremasi (FYI: buat yg ngeliat tampang gue dan lo gak menyangka gue orang cina,lo bisa buktikan itu di upacara ini)
gue gak terlalu ngerti gimana adatnya orang Cina, karena walaupun Cina gue gak mendalami banget kehidupan dunia percinaan yang dibawa dari hirarki bokap gue. gue cuma sekedar tau kalau pas imlek dapet angpao :p

dan setelah dua kali perjalanan kematian yang ada di silsilah keluarga gue yang termasuk sangat erat (kakek dan tante gue) gue mencoba memahami sedikit tata aturan seperti apa yang biasanya standar tercantum dalam kitab tata cara penguburan jasad orang meninggal dalam adat cina (siapa yg ngarang juga kagak tau gue)
contohnya aja : gue dari tadi di RS sibuk ngelipetin kertas yang isinya kaya mantra-mantra gitu dan selembar lagi polos ada hologramnya. dua jam gue ngelipetin ratusan kertas itu. katanya sih, itu semacam "uang" biar nanti kaya di alam sana. trus di depan tempat pendoaannya juga ditaro makanan dengan Nasi yang sumpitnya ditusukkin seperti tiang pancang (makanya jangan pernah nusukkin sumpit kaya gitu kalo lo masih org idup) yang katanya buat "makanan di alam sana" termasuk juga rumah, penjaga,kendaraan,dan lain sebagainya yang dibentuk dari kerdus.
anehnya sih, gue ngeliat orang yang ada di situ termasuk sepupu-sepupu gue gak ada yg pasang tampang sedih, atau senyum yang dipaksakan, ketawa-tawa aja ky biasa (malah yang gue liat sedih mukanya si Cici Panda-prambors), atau bahkan org2 yg dateng sibuk pamer bisnis dan keluarga mereka dengan cerita apapun yang sumpah gue gak ngerti apa-apa bahasanya. satu-satunya yg gue ngerti cuma ada bapak-bapak ngomong : "Co lah", maksudnya "duduk laaah!" soalnya kata-kata itu sering dipake sama kuku (ade bokap) gue ke anjingnya dirumah yang gatau sekarang masih idup kaga.

gue gatau rabu bisa datang kremasinya apa enggak,soalnya pagi, dan pagi gue ada kuliah, gue juga gak ngerti apa-apa sih tentang upacara kremasinya , dengan harus ini harus itu, atau urutan ini urutan itu. tapi setidaknya gue pengen memberikan sebuah "penghormatan terakhir" buat tante gue di alam sana. gue juga akan terus mendoakan, walau mungkin banyak orang yang berpikir kalau doa gue gak akan nyampe, tapi gue percaya kalau Allah Mahasegalanya, Allah tahu maksud gue, dan semoga aja bisa menjadi sesuatu yang baik di alam sana, kalaupun tidak, setidaknya gue udah mencoba.

ketika cahaya berhenti berpendar dari matahari
dan meninggalkan alam semesta
secercah harapan itu masih ada
walau raga tak lagi bisa terpaut dimensi yang sama
tapi hati dan perasaan tak mungkin terputuskan
suara debur ombak mungkin kencang bagi seorang nelayan
ataupun suara badai yang meraung-raung tatkala menghancurkan alam
tapi, tak akan ada yang memungkiri
suara hati yang lirih
jauh lebih kencang bagi seseorang yang kita cintai.
dan, meski masa memutuskan jalinan kita
takkan ada yang bisa
menghapus kenangan dan perasaan dalam hati


selamat jalan tante, semoga alam sana menyenangkan buat tante.*apus aer mata*