review Kambing Jantan (KJ) film yang panjaaaaang, after 2nd time watching this movie

Hari ini, tgl 3 maret dan gue dateng ke XXI PIM buat..nonton premier film KJ yg udah gue tonton, daripada ga worth it, mending gue bikin detail reviewnya aja, jadi gue bener2 ngamatin filmnya
film mulai 21:25, endingnya di 23:30 plus minus dua jam lah
here we go, review dimulaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaai...
menit awal dibuka dengan adegan bokapnya dika dengan baju kebaliknya dan menekankan kebiasaan ganti kolornya
dan asal muasal lahirnya dika yang dikemas dalam komedi lebay, kaya lahiran di dokter hewan, nama dokternya dr. akula a.k.a drakula
yang dilanjutkan dengan perkenalan bagaimana kisah-seru nan begonya radith kaya waktu digodain homo, bersihin jerawat pake koler dan waktu surat cintanya berakhir dengan rumor pegangan-tangan-bisa-hamil

yang meranin dika SD jauh lebih lucu daripada dikanya (hahahaha)
sayangnya, adegan dika kecilnya itu agak gak pas wardrobenya, walau anak SD, tapi seragam putih biru (yang identik dengan anak smp) yang dipake jadi sragam SDnya,
dan satu lagi yg janggal, surat cintanya dika, di amplop bertuliskan dari debby bukannya seharusnya untuk debby ya??

overall comedytalkynya emang okeh banget, cuma gue ngerasa di beberapa part kayanya perlu lebih ditekenin biar kata-katanya lebih megang lucunya, kaya mungkin diberi sentuhan visual effect atau dikasih jeda yang agak lebih, jadi orang ngeh.
ibarat kata, artis kalo penontonnya gak dikasih kesempatan buat kasih applause kan kesannya ga ada yg istimewa, nah kayanya ada beberapa comedytalky yang kaya gitu nasipnya, tapi sekali lagi, overall comedytalkynya works bangett.. bener-bener kerjaan okehnya Salman Aristo, Mouly Surya dan Raditya Dika

scene-scene yang menurut gue misalnya lucu tapi tak terekspose nih, misalnya : waktu dika berlagak kaya anjing godek pas latian band, sebenernya itu lucu tapi kayanya agak gak ketangkep aja sama viewersnya,
kalo yang works banget menurut gue scene :
meong singing waktu radith nyela neneknya kebo (Herfiza Novianti) dengan suara ala kucing
waktu prom yang radith menggila
pas edgar pup
masalah LDR + kesalah pahamannya (dengan adanya ian kasela juga) dan
waktu perumpamaan orang boker pas kebo marah

yang okeh lagi: waktu dramanya pertama kali masuk, pas adegan dimana dika nyium kebo, pas berantem, nah ini dramanya masih asik, smooth masuknya,jelas maknanya, bahkan sampai waktu permulaan membangun konflik waktu menentukan pilian kuliahnya dika, masih asik.

sayang, mnurut gue ciri khas yang ditonjolin dari bokapnya dika yang doyan gonta ganti katok, not too works, kayanya org udah gak nganggep lucu, cuma sebatas inget aja. beberapa kali characteristic ini muncul yang ketawa juga sedikit bahkan cenderung gak ada
trus : alamat radith versi buku adalah jln cikatomas, knapa ga ini yg ditonjolin, jgn benhillnya, sayang bangettt

sempet denger juga, sebelah gue anak FIB yang ga nangkep pas dika dan kebo sebelum dika pergi ke adelaide, -yang katanya mau tes ceritanya- message itu gak ketangkep, seolah-olah kayanya emang itu cuma tempat biasa dan mreka berdua ngobrol.

kambing versi silet dengan kostum anjing -hehehe,kostum kambing maksudnya- itu cukup oke, adegan nelpon kebo yg diangkat nyokapnya udah kebaca ,tapi masih tetep lucu,

orang india dancing di toko, gagal jadi lucu, tapi malah kostum I love kedirinya harianto catchy banget.

timelines antara keberadaan sesuatu dan kondisi tahunnya ga pas,example for kaos joker.(yang ini udah tau lah yaaa)

trus, masalah salah sebut nama,english medoknya harianto (edric tjandra), miyabi dan i cheng li you kena, comedy talky yg ini dapet..

masalah calling card, kayaknya bagian serunya adalah saat pertama kali dika tau kalo ada caling card murah dari harianto, nah part ini ga ada di cerita, yang ada malah langsung radith + harianto beli calling card
sayang aja, ditambah masalah calling card yang agak janggal, pas scene ke berapa yg gue lupa gitu, dika nelp nyokap dan katanya dika baru nelp nyokap pas itu
pas nelp kebo juga katanya dika baru nelp pas itu, tapi calling card yang 10 $ 5 jam udah kepake tinggal 1 jam sekian menit sekian detik, nelpon siapa dia , cepet amat ilangnya calling cardnya? kayanya baru beli sorenya, malemnya udah ilang banyak tapi gak jelas nelp siapa.

ruang khayal tempat ngeliat bulan yang sama okeh, tapi masih kurang gigit romantisnya + beberapa ekspresinya fiza oke banget pas gitu meranin saat-saat kebo knapa dengan ekspresinya,

satu hal lagi yg gue sorot, jeda antara humor dan dramanya, kayanya beberapa adegan kurang smooth perpindahannya, jadi kesannya abis humor yang 'harusnya bisa diingat' langsung ilang dengan dramanya gitu aja,

scene ngemper depan apartment gagal, banyak yang gak ngerasa lucu,richard dengan masya allahnya gagal sama pas kacamata dkknya diambil lagi sama richard posisi tangannya aneh, kaya ada 3 tangan jadi gak natural,, presentasinya juga gagal. 3 tiganya gak gitu ktangkep lucunya.
robotnya harianto + rasti (trutama dengan score jangan mati rastinya oke bett) ngena,janji LDR juga, tapi gak terlalu, ibaratnya hanya sepersekian moment janji LDR ngena trus lewat lagiu gitu aja.

masalah lagi (ngritik aja gue mulu, maaf ye dith, om dika bilang kangen panas jakarta, brarti kondisi adelaide harus dibuat seolah tidak sepanas jakarta, dan itu sangat tidak match mengingat radith nelpon pas lagi diluar apartment dan... pake kaos..

adegan pas dika diomelin nyokapnya, trus ada suara 6tangisan juga agak abstark yah..

shanghai babe, dika maenin mi,capcay sancai gagal, tapi yang pas di toilet oke banget termaafkan laaahhh...apalagi masalah keran.Kocak men.

ada yang heboh, gedung kampusnya dipake tapi dia gatau, kalo gue mau gila ikutan gue bakalan teriak pas adegan kulturfest : wooooooyyyy dibelakangnya itu kampus gueeee gedung bundaaaaaaarrrrr..... oia ujan pas kulturfest kerasa kurang naturalnya..

masalah kebo jealous sama harianto ngena tapi gak banget, edgar pup kocak (parah stelah gue sadarin, scenenya edgar cuma masalah pup dan masalah tatat doang)

duit2 jatoh gak banget, pas brantem yang masalah ulangtahun kebo udah cukup ngena banget. sama ending obrolan sama nyokap tuh oke banget...

"...mah, aku mau ngomong sesuatu . aku gak bisa kuliah finance, aku gak bisa kuliah disini. Aku harus ngakuin dan mama juga harus ngakuin aku kuliah finance karena mama. cita-cita aku tuh sederhana ma, aku cuma pengen cerita......"
ngena euuyyy... apalagi pas masalah bokapnya ngomong "..... sudah saatnya dika untuk mengganti.... pilihan hidupnya.." two thumbs up.

satu hal aneh lagi adalah pas pers conference cinbro, pas dika ditanya sebelum ngeliat kebo, gak dijawab tapi malah ada pertanyaan selanjutnya. pas ketemu kebonya makin menutup film dengan drama yang okeh banget.

ending yang om rudi muncul mengingatkan akan jomblo banget hehehe...

scoringnya okehhh..

dan best part menurut gue :
edric : so pasti taksi men, keren dan lucu gilaaa, megang banget gettooo...
fiza : pas brantem ditaman, anjing itu kerennnn bangetttttttt ngettt ngetttt....
keluarganya radith : pas ending yang jadi konklusi.. cuma kayanya katastrofanya kecepetan deh, tapi whole partnya tetep okeh ko
radith : dari gue adalah bis scene, adelaide skynya + adegan + emosinya tuh nampol gilaaa.. kerennn lahhhh

gue tetep pada rate gue dr skala 1-5 : 3.5 dari skala 1- 10 : 7,5-8

overall seru ceritanya , dengan titik penekanan yang beda dari komik plus novelnya sesuai harapan banyak org yang pengen sesuatu yg beda dari novel-komik-film.
ceritanya juga lumayan okeh,dengan akting edric yg paling oke hahahaha (kagalah dith, lo juga oke koq)
gw cuma agak gmana dgn karakter kebonya, kayanya di buku sama komik kesannya dia tuh baik bgt, tapi di film bisa se annoying itu
trus banyak editannya yang motong adegan tapi malah jadi gak jelas cerita sama plotnya kaya yan kasela dll
endingnya keren
gue kira tadi endingnya bakalan garing, ternyata keren
dan cerita cinta yang sangaaat banyak ituuu yang lambat banget ituuu...tetep membawa suasana melodramatic menimpa beberapa humornya

tapi bener2 gokil lah, mulai dari cerita awal yang jakarta sampai akhirnya nyasar ke adelaide
lumayan asik buat ditonton
udah bagus buat ukuran seorang raditya dika
tapi belom istimewa banget
cuma gue saranin buat yg belom nonton KUDU-WAJIB-HARUS-FARDHU nonton, it's a must!
dan BELI OSTnya KEREN GILA GUYS!
:)

0 comments: