about this May and Final project this semester

It's game time!

di minggu ini udah 3 hari gue kaya org gembel di kampus, kuliah apke jeans+kaos belel+ sendal jepit <-gara-gara salah make sendal pas ke kampus hari senen..


segembel2nya gue, tapi yeah, for the dpbo's final project in this semester, kita (bukan gue doang brarti) dapet tugas untuk membuat adventure game. yeah, emang asik kalo udah jadi tapii.. bikinnya susah err..
kemaren kita baru mulai , kelompok gue tuh : Megan,Timas,Kirana,Indah,Riska,Bibay,Ipul,Ikhwan and gue.. yah, semoga projectnya jadi dengan benar dan gue tidak setres..
awal permulaan ini kita brainstorming, tujuannya, saling sharing dulu bayangan gamenya bakalan kaya apa, memperkuat konsep. by the way aturan game ini adalah:

Tugas Akhir
Tugas Berkelompok (8 – 9 orang)
Adventure Game
Tanggal pengumuman tugas : 29 April 2009
Batas waktu pengumpulan : 29 Mei 2009
Pengumuman Jadwal presentasi : 1 Juni 2009
Kelas A jam 8:00 – 10:00
Kelas B jam 10:00 – 12:00
Batas waktu demo/presentasi : 3 Juni 2009
Pengumuman nilai tugas : 5 Juni 2009

Task:
Buatlah sebuah adventure game. Kriteria minimal dari game tersebut adalah sebagai berikut.
1. Game tersebut harus memiliki scenario akhir (winning scenario).
2. Dalam game tersebut, player harus dapat mengambil dan menaruh beberapa item.
3. Setiap item dapat memiliki properti dan nilai yang berbeda.
4. Game tersebut harus memiliki beberapa ruangan/tempat. Setiap lokasi mungkin mengandung item.
5. Game tersebut harus ditulis dalam bahasa Java dan terdiri dari minimal 10 kelas. (tidak termasuk inner class).
6. Game harus memiliki interface non-text based.
Anda disarankan untuk mempelajari dan memodifikasi proyek tahun 2008 yang tersedia pada CD yang telah diberikan.
Sebagai alternatif, anda akan diberikan versi tidak lengkap dari World of Zuul (text based) jika anda ingin memodifikasi. Game tersebut juga tersedia di CD.
Anda juga bebas mencari contoh-contoh lain dari internet. Hargailah hak cipta dari contoh tersebut. Berikan credit pada pencipta aslinya dan jelaskan secara jelas perubahan-perubahan yang anda lakukan.
Anda juga dapat membuat sendiri game tersebut dari awal jika anda merasa anda mempunyai cukup waktu untuk menyelesaikannya.
Bacalah deskripsi tugas berikut ini dengan baik!
Perhatikan jadwalnya dan gunakan waktumu dengan bijak!
Setiap tim harus:
# Mengumpulkan program lengkap dengan source code dan laporan dokumentasi dalam bentuk softcopy ke Scele
# Mengumpulkan laporan yang dicetak (hardcopy) kepada pengajar.
# Mempresentasikan game tersebut dan menjelaskan aplikasi dari OO kepada pengajar. Setiap orang harus:
# Mengalokasikan 8 – 12 jam untuk proyek ini (2 – 3 jam perminggu).
# Mengumpulkan individual weekly log ke Scele setiap rabu pagi sebelum jam 17.00 AM.
Report:
Laporan anda harus terdiri dari:
· Deskripsi Tugas
· Informasi tentang tim anda dan pembagian tugas masing-masing anggota.
· Deskripsi Game
· Background story
· How to install
· How to play and win
· Fitur-fitur dalam game dan fitur-fitur tambahan(jika anda tidak membuat game ini dari awal)
· Class Diagram dan Use Case Diagram; berikan penjelasan untuk setiap diagram.
· Jika anda tidak membuat game dari awal, analisalah desain dari program aslinya dan jelaskan perubahan desain yang anda lakukan secara jelas.
· Penjelasan mendetail dari konsep OO dan fitur-fitur lainnya dari program anda, tunjukkan code program / diagram yang terkait. Penjelasan anda harus menjelaskan minimal hal-hal berikut.
# Abstraction/ Information hiding
# Inheritance
# Reuse
# Polymorphism
# Abstract class and Interface
# (anonymous) inner class
# package and collection
· Weekly Activity Log dari setiap anggota tim. Jangan lupa bahwa setiap orang juga harus mengumpulkan individual weekly log ke Scele setiap Rabu sebelum jam 17.00 AM.
· Tabel kontribusi kerja yang ditandatangani oleh setiap anggota tim.
Grading scheme:
1. Creativity 25 %
2. Correctness 25 %
3. Application of OO concept 25 %
4. Report Writing 25 %
5. Bonus 10 %
# The correct application of generics (5%)
# The correct application of serialization (5%)

Nilai anda akan didefiniskan dengan formula:
your grade = %contribution/100% x Number of persons in your team x team score

Perhatian: Nilai individual anda akan berkurang 5 poin untuk setiap laporan mingguan yang tidak dikumpulkan ke Scele tepat waktu.
Contoh Penilaian:
Tim “Lima Sekawan” terdiri dari 5 anggota, Julian, Dick, Anne, George, dan Timmy. Mereka membuat game adventure “Lima Sekawan”. “Lima Sekawan” adalah game yang menarik. Game ini terdiri dari 15 ruangan/tempat. Pemain harus mengumpulkan barang sebanyak mungkin pada setiap ruangan. Setiap barang mengandung hint tertentu. Hint tersebut diperlukan untuk menemukan barang yang hilang. Pemain akan memenangkan permainan jika berhasil menemukan barang yang hilang tersebut, entah dengan mengumpulkan semua hint yang ada atau dengan keberuntungan. Sayangnya, game ini masih mengandung beberapa bug yang signifikan. Mereka mendapat: 90 untuk kreatifitas, 70 untuk kebenaran program, laporan program ini ditulis dengan buruk, tidak banyak informasi tentang aplikasi OO dalam program ini. Activity log dari masing-masing anggota juga tidak dibuat. Class diagram juga tidak dijelaskan dengan baik. Mereka mendapat 60 untuk laporan dan 60 untuk konsep OO. Anne mencoba untuk mengaplikasikan “serialization” pada game untuk save dan load. Dia berhasil melakukannya tapi tidak sempurna. Mereka mendapat 90 untuk bonus serialization. Julian bertanggung jawab untuk pengaplikasian generic, akan tetapi dia tidak menuliskan apapun tentang generic pada laporan. Mereka mendapat 0 untuk bonus generic.
Pada akhirnya, mereka mengkalkulasikan kontribusi kerja. Ketua tim “Julian” berkontribusi 25%. Dick, Anne, dan George, berkontribusi masing-masing 20%. Timmy berkontribusi 15 %. Semua anggota setuju dengan kontribusi tersebut dan menandatanganinya. Setiap anggota tim juga mengumpulkan log individual ke scele setiap senin pagi.
Penilian mereka adalah sebagai berikut:
creativity = 90 = 25% = 22,5
correctness = 75 = 25% = 18,75
OO = 60 = 25% = 15
report = 60 = 25% = 15
generics = 0 = 5% = 0
serialization = 90 = 5% = 4,5

Julian = 25% / 100% x 5 x 75.75 = 94.69
Dick, Anne, George = 20% / 100% x 5 x 75.75 = 75.75
Timmy = 15% / 100% x 5 x 75.75 = 56.81


yeah, aturan yang cukup panjang. weekly log juga cukup bikin ribet dan aneh, 17.00 AM tuh jam brapa? ada gitu ?

yg kita lakuin kmaren dan yang bakalan jadi weekly log kita adalah scripting. setelah diskusi,kmaren,ada dua cara buat nguatin dan bikin game ini interesting. gue sih, mengajukan untuk menarik kedekatan emosional dari orang-orang yg bakalan tau game ini,which is , anak fasilkom dan dosen gue pastinya. caranya adalah mengambil setting dan tokoh di wilayah yg mereka kenal betul.cara lain adalah bermain dengan grafis atau scenario. mo bermain dgn grafis? selain karna gada yg jago gambar (kecuali kalo si Dio/anggri mau dimintai tolong baca:diancam hehehe), bakalan pe er banget kalo harus ngegambar semua utuh dari awal, mau/ enggak bakalan harus nge reuse grafis yg udah ada. so kita milih buat nguatin di storyline.
usut punya usut , this game rencananya bakalan membawa kedekatan emosional, tapi sampe sekarang gue bingung storylinenya kaya apa.mikir. jadi kaya ngerjain novel gue versi pendek. storyline. yeah. bagus, ide turunlah kau dari atas sana.gue belum menemukan si storyline yg pas. yeah,smoga gue dapet ide yg pas.

gw ambil part apa ya disini? tester boleh ga kawan?


signin' out mau mikir dulu.kepala gue udah kaya mo kesiram aer keras.