ayo milih jurusan!

some high school story :

Di sekolah SMA gue waktu kelas satu pasti kita udah disuruh milih jurusan, membagi kelompok IPA atau IPS. Gue sebenernya juga bingung sih, gue suka sejarah benci ekonomi-sosiologi tapi gue juga suka fisika benci kimia-biologi. Jadi gue masuk mana ya? Soal nilai, gue ga ada masalah sih , gini-gini gue juga gak bego kali, dari SD rapot gue gak pernah merah buat pelajaran IPA atau IPS, kalo ulangan sih sering hahaha. Satu hal yang menjadi saran waktu itu dari guru BP gue adalah, perhatikan lulus nanti, apapun jurusan yang kamu pilih, liat juga masa kuliah nanti. Kamu pilih fakultas apa dan mau masuk dengan cara apa, pilih peluang atau harga. Itu yang gue inget. Sampai akhirnya gue diminta buat bikin 3 nama fakultas plus universitasnya buat jadi rujukan program yang gue pilih. Jujur, pas wawancara gue dibilangin gini nih.

Guru BP : “ wah, Arlan, ini dia nih yang Bapak tunggu-tunggu, ayo duduk-duduk”

Pikiran gue : “ Bapak gak mau merkosa saya disini kan, teman-teman saya di luar loh pak.”

Guru BP : “ Gimana, kamu udah milih program sama jurusan kamu?”

Gue : “ emm... gimana yah Pak?”

Guru BP : “ Kamu pasti IPA lah,kamu mau fakultas apa buat kuliah?”

Gue : “ (dengan enteng dan gobloknya gue jawab) tehnik pak!”

Guru BP : “ wah IPA pasti tuh, nilai kamu cukup koq, tinggal dipertahanin aja, kamu mau teknik apa?dimana?”

Gue : “ (tengsin asal nyebut) gatau pak hehehe, yang pasti saya pengen tehnik pak, dimananya , pastinya semua mau UI-ITB lah pak, negri pastinya.”

Gue pikir dia bakal nyemangatin gue dan ngasih gue anjuran tentang teknik apa yang gue pilih berdasarkan minat dan nilai gue yang bisa diliat di ability gue, gataunya dia beranjak dari tempat duduk dia , balik kebelakang dan kembali ke tempat duduknya dengan membawa BUKU TIGA BIJI dan TEBELNYA NAUJUBILE. Dia ngasih gue oleh-oleh tiga buah buku tebel-tebel buat dibaca dan milih teknik apa yang pengen gue ambil. Oh god! Dia minta laporan lagi, dengan minta gue menulis surat berisi tentang program apa yang gue pilih mengingat gue mau ambil fakultas apa dan dimana kalau kuliah nanti beserta ALASANnya dalam waktu TIGA HARI. Bagus. Cerdas istimewa.

Gue keluar bawa buku tebel itu ( Cuma satu, ogah gue bawa tiga-tiganya, gue liat-liat aja di dalem trus gue bilang gue bawa Cuma satu aja) dan langsung ditanyain temen gue “Diapain aja di dalem?” ya gue ceritain dan gue tunjukkin buku yang ada di tangan gue itu. Gue pulang dan diskusiin sama bokap-nyokap gue.
Setiap anak yang nanya ama bokap-nyokapnya kaya gue dijawab apa ya? Kasih tau dong? Bokap-nyokap malah ngejawab sinis ke gue, “ yang mau kuliah siapa,tanyanya ke siapa” gitu. Tapi gitu gue milih dijawab “ngapain ambil itu?”. Gue tetep gak ada bayangan mau ambil apa, gue bacalah buku itu. Gue mencari yang gak banyak kimia-biologi. Of course mipa kimia-biologi,teknik kimia,bioproses,geologi,geografi,geodesi dan kawan-kawan plus kedokteran gue tinggal. Karena basic abilitynya fakultas-fakultas itu biologi kimia (kecuali geodesi,geologi,geografi, yang ini alasan pribadi gue gak doyaaan). Hm.. satu persatu gue cek, gue baca, sampai akhirnya gue cek juga di buku sejenis buat program IPSnya (karena yang dikasih ke gue program ipa,mengingat gue bilang pengen ambil tehnik) gue cek-cek ga ada yang terlalu minat juga. Pengan ambil HI tapi gue bego banget dalam belajar bahasa-asing, sastra indonesia berat ah,gue suka gak ngerti makna-maknanya,ekonomi-akutansi gak mungkin secara gue benci ekonomi, komunikasi sama psikologi, pengen sih tapi gak dibolehin,jadi ya balik lagi ke buku program ipa. Akhirnya pilihan gue terjatuh pada:

1. FT Sipil Universitas Indonesia
2. FT Industri ITB
3. Informatika Binus

Gue tahu secara urutan pasti kebolak-balik mana yang harus dijadiin pilihan pertama kedua dan ketiga. Jujur gue gak mikirin fakultas plus unversitasnya. Gue Cuma pengen tiga fakultas itu dan tiga universitas itu, terus tinggal gue acak-acak dan gabungin deh. Hahaha,pilihan yang bodoh, gue masih belum kepikiran buat kuliah waktu itu, jadi masih jauh banget dari pilihan gue. Gue belum tahu gimana susahnya masuk UI-ITB gimana rasanya mati-matian belajar buat masuk teknik dan gimana gampangnya gue bisa lulus tes binus akhirnya (pas sehari sebelum tes gue sempet nervous gitu jadinya bukannya belajar malah ngedengerin musik mulu, gataunya tesnya lancar dan gue keterima, belajar juga kaga hahahaha).

Sebelum itu, kertas surat gue itu gue tunjukkin cuma sama beberapa orang. Jadi Cuma beberapa orang tau gue milih masuk IPA walau mayoritas udah nebak kearah situ. Naluri iseng gue muncul, setiap ada yang mau liat pilihan gue,gue gak pernah mau ngasih liat surat itu. Kalau ditanya gue jawab aja gue pilih IPS koq, gue mau ambil akuntansi. Dan suksesnya sekelas percaya (kecuali yang udah liat surat gue pastinya) wahahahaha.. yang gak gue sangka, gosip tuh cepet banget nyebarnya, gak lama setelah pada tahu gue milih IPS gue jadi sering disapa temen-temen kelas lain yang mengaku pasrah-masuk-IPS-aja karena gak kuat di IPA. Berasa jadi teman sejawat gue di IPS. Dan gue? Cuma ho oh aja mereka mau ngomong apa mulai dari minta bantuin tugas nanti (tugas aja belum udah minta bantuan) , bantu-bantu pas ulangan (nyontek maksudnya??) ulangan aja belum mas, belum apa-apa koq udah nyerah ya? Idup aja lo,hahaha...

Gue gak nyangka bakalan seheboh itu tadinya, ternyata gak Cuma temen-temen kelas lain yang sibuk nanyain keIPS-an gue (yang untungnya gak sampai ke kakak kelas) tiba-tiba guru ekonomi gue yang dulu sempet jadi wali kelas gue pas kelas dua smp jadi udah deket banget nanyain ke IPS-an gue. Gue gak enak banget kalo boongin dia juga. Terpaksa gue tidak memberikan harapan-harapan banget ke dia. Gue bilang aja –setelah mikir kata-kata yang tepat padahal gatau tepat atau enggak- “ sementara sih iya pak, tapi kayaknya masih mikirin lagi pak, soalnya masih banyak pertimbangan dan ketidakyakinan Pak.” Gue ngeliat wajah dia agak kecewa, gak sesumringah waktu dia nanyain serius gak gue mau masuk SMA gue yang gue jawab iya. Mungkin dia berharap banget. Tapi gue seneng dia malah ngasih gue motivasi untuk mikirin lebih dimana minat gue jangan malah terpaksa masuk karena sesuatu (bener-bener gak kaya guru kimia gue yang ngancem gue supaya masuk IPA dengan syarat nilainya).

Oiya,gue belum cerita soal ancaman itu yah? Jadi begini. Waktu angkatan gue heboh termasuk yang kena kehebohan itu adalah guru (???) kimia gue. Akibatnya masuk-masuk pelajaran, gue yang duduk di depan meja guru persis langsung diinterogasi. Nanyaiin kamu beneran mau masuk ips dan kenapa. Berhubung gue juga agak sensi sama dia,gue bilang aja,” iya bu, saya mau ambil akuntansi.” Dia malah memprovokasi gue. “kamu tahu gak, anak-anak ipa tuh bisa ngerebut jatahnya anak-anak IPS di bangku perguruan tinggi. Kalo kamu masuk IPA kamu pasti jauh lebih analitis daripada anak-anak IPS.” Dan dilanjutkan dengan kata-kata provokasi lain. Gue hampir aja ngomel ke dia. Gue gak setuju dengan pandangan dia yang ngerendahin banget anak IPS (karena dia dulu anak IPA juga). Gue patahin aja argumennya semua, eh dia bilang “ Kalau kamu mau masuk IPS ya udah, ntar ibu kasih kamu nilai 5 aja di rapot.” Sumpah sentimen abis, pengen gue tabok. Masa gue susah-susah belajar tiba-tiba dengan seenak jidat dia ngasih nilai gue merah. Siaaaal! Dia bilang kan nilai segitu gue masih bisa naik kelas dan sekaligus gak qualified masuk IPA, sekalian aja dia mau anterin gue ke IPS. Pengen benget gue tabok kalo gak inget gue masih murid di situ. Sampai akhirnya gue masuk IPA (emang beneran pengen sih karena setau gue ada kampus yang syarat psikologinya masih IPA, kan kalo IPS bisa dikejar belakangan). Kalo ditanya kenapa gue masuk IPA gue dengan sensinya akan bilang “ Kalo gak gara-gara diancem nilai merah gue juga ogah-ogahan sih masuk IPA” atau “ Kalo gak karena dia-yang-namanya-tak-boleh-disebut gue juga males kali.” Wahahaha sensi, dia juga sempat sensi ama gue, nyindir-nyindir “Katanya gak mau masuk IPA?” gue malah makin sinis,hahaha.

Oh iya, gue juga termasuk salah satu yang masuk IPA dengan lancar walau sebenarnya, kalo tinggi-tinggian nilai IPS gue jauh lebih tinggi. Banyak diantara beberapa orang teman gue yang agak disendatkan dengan keberadaan guru BP yang-sangat-baik-mau-minjemin-buku-tebel-buat-gue-tiga-biji yang ngeyel mau ngototin anak-anak biar gak masuk IPA walau kuotanya masih ada. Belakangan gue tahu kalo itu dijadiin objekan sama dia. Siapa yang mau ‘ngasih’ bakalan bisa dapat sertifikat janji boleh masuk IPA walau bersyarat. Walau udah didebatin kaya apa tau tuh guru tetep ngeyel, sampai akhirnya bala bantuan Pak kepala sekolah datang selamatlah semua, jadi bisa bareng-bareng lagi di kelas IPA. Sama-sama berkutat dengan rumus dan perhitungan bareng-bareng lagi. Sama-sama menggapai mimpi lagi. Jiaaahhh...

Kita nemuin ada printer tak-bertuan, ada yang dateng dengan duit dan selamat-anda-masuk-IPA dan banyak kejanggalan. Sementara temen gue yang dateng Cuma bawa diri dan segudang harapan dan keinginan masuk IPA berbekal nilai qualified walau pas-pasan ditolak masuk dengan alasan nilai IPSnya lebih bagus, daripada pas-pasan dan ntar malah nyusahin di kelas tiga,mending IPS aja. Gak terima, nyokap temen gue akhirnya dateng dan dapatlah kejadian ekstraordinary itu. Akhirnya sekarang tuh guru entah berantah dimana gak jelas, dari dulu gue emang gak terlalu respek sama nih guru BP (pertama ketemu pas SMP kelas satu,pas gue kelas dua dia pindah ke SMA gue). Sempet sensi gara-gara pas basket dia plin-plan abis dan seenaknya mengabaikan hasil tes gue, emang kalo dipikirin nyebelin benget sih tuh guru,Cuma gue malas mikirinnya, bikin sakit otak doang, mending gue mikirin yang lain, bisa lebih guna bukan? Siapa tahu bisa ngehasilin duit dan bisa jajan sendiri beli es mambo dipinggir jalan (jaman kapan yah?) atau malah bisa motek-motek es kiko sama orang minta bagian walau gak beli,haha.. keracunan coki-coki dah ntar. (loh)

dan endingnya, gak satupun dari 3 pilihan di map gue menjadi tempat kuliah gue sekarang :p

1 comments:

Anonymous said...

Manusia memiliki kemampuan meningkatkan kemampuan otaknya menyerupai super komputer sehingga mampu memahami dan menghafal ribuan ilmu pengetahuan dalam waktu singkat, temukan buktinya di www.bakatsuper.com